Sabtu, 20 Januari 2018 | 01:56 WIB

Dukung Palestina, Lorde Didesak Batalkan Konser

foto

 ist

Bintang Pop Lorde

Bintang Pop Lorde didesak untuk segera menemui Duta Besar Israel untuk Selandia Baru. Ia diminta untuk menjelaskan, terkait pembatalan konsernya di Tel Aviv.

Diketahui, Lorde membatalkan pertunjukkannya setelah adanya seruan dari sejumlah aktivis agar penyanyi asal Selandia Baru itu menghindari Israel sebagai bentuk protes terhadap perlakuan mereka kepada orang-orang Palestina.

Seperti dilansir Reuters, Duta Besar Israel untuk Selandia Baru Itzhak Gerberg mengatakan bahwa pihaknya menyesalkan pembatalan pertunjukan tersebut. Ia menyebut bahwa pemboikotan atas negara Israel merepresentasikan permusuhan dan intoleransi.

"Saya mengundang anda (Lorde) untuk bertemu saya secara pribadi untuk membahas Israel. Bagaimana pencapaian dan peran Israel sebagai satu-satunya demokrasi di Timur Tengah," tulis Gerberg dalam laman Facebook Kedutaan Besar Israel.

Meski begitu, Lorde tidak segera menanggapi permintaan Itzhak Gerberg tersebut. Belum diketahui apakah penyanyi yang dikenal dengan lagu 'Royals' tersebut akan menemui Kedutaan Besar Israel.

Penyanyi berusia 21 Tahun tersebut dijadwalkan tapil di Tel Aviv pada bulan Juni. Konser tersebut merupakan bagian dari tur global untuk mempromosikan album terbarunya 'Melodrama'.

Para aktivis mendesaknya untuk membatalkan pertunjukan tersebut, melalui sebuah surat terbuka pada 21 Desember. "Bermain di Tel Aviv akan terlihat memberi dukungan pada kebijakan pemerintah Israel, bahkan meskipun Anda tidak berkomentar mengenai situasi politik," kata juru kampanye Justine Sachs dan Nadia Abu-Shanab, di situs berita The Spinoff.

"Kami percaya bahwa boikot ekonomi, intelektual dan artistik adalah cara yang efektif untuk berbicara," kata mereka.

Eran Arielli, promotor konser tersebut mengatakan melalui laman facebooknya bahwa acara tersebut terpaksa dibatalkan. "Kenyataannya adalah saya sangat naif berpikir bahwa artis seusia dia akan terpengaruh dengan tekanan terkait Israel," tulisnya dalam bahasa Ibrani.

Sejumlah artis ternama telah memboikot Israel termasuk Roger Water (Pink Floyd), dan Elvis Costello.

Adapun sejumlah musisi yang pernah tampil di Israel adalah Elton John, Aerosmith, Guns and Roses, Rolling Stones, Justin Bieber, dan Rihana.***