Rabu, 24 Oktober 2018 | 13:19 WIB

Sosok Prof. Dr. K.H. Miftah Faridl di Mata Alumnus ITB

foto

 ist

Prof. Dr. Miftah Faridl

Sebagian besar alumni ITB tentu mengenal sosok Prof. Dr. Miftah Faridl. Beliau adalah dosen mata kuliah Agama Islam di ITB sejak awal tahun 70-an. Pribadi yang santun dan diterima semua pihak di kalangan ummat Islam.

Bagi sebagian alumni,  Pak Miftah – begitu ia sering disebut di kalangan mahasiswa ITB berbagai angkatan – bukanlah sekedar dosen. Beliau juga pembimbing dalam kegiatan keagamaan di masjid salman. Lebih dari itu, beliau adalah teladan karena sepanjang masa pengabdiannya di ITB beliau menjalaninya dengan penuh dedikasi.

Selian sebagai dosen di ITB, beliau juga berkirprah sebagai dosen agama Islam di Unpad, IKIP, INISI, Sangga Buana,  maupun  UNISBA. Di masjid Salman beliau pernah menduduki semua level jabatan, dari kedudukan sebagai TU hingga Ketua Pengurus Harian, dan sekarang anggota Majelis Pembina. Selama 30 tahu terakhir beliau adalah Ketua Majelis Ulama Kota Bandung. PUSDAI adalah salah satu lembaga yang poernah dipimpinnya, dan saat ini juga menjabat sebagai Ketua Yayasan UNISBA.

Dalam berbagai perannya di atas, beliau telah menunjukkan kepada murid-muridnya – yaitu kami yang pernah menjadi mahasiswa ITB atau aktivis salman – bahwa agama Islam bukanlah semata untuk dimengerti. Lebih dari itu adalah untuk dijalani, disebarkan dan diperjuangkan dengan penuh kesungguhan. Dan beliau telah memberikan teladan tentang hal itu.