Sabtu, 21 April 2018 | 14:27 WIB

M. Fadhilah Suwanto

Pramuka Itu Mengasyikan

foto

Administrator/ist

M. Fadhilah Suwanto

Bagi M. Fadhilah Suwanto, pramuka itu bukan hanya se kadar sebuah sarana untuk berhura-hura, dan tidak ada manfaatnya. Tetapi selain ektra kulikuler (ekskul) wajib pada peserta didik, juga merupakan ba gian dari kegiatan pembelajaran di sekolah. “Itu tidak benar kalau pramuka ide ntik dengan senang-senang dan hura-hura saja, karena dalam pramuka ini diajari bagaimana cara kita berdisiplin. Seperti disiplin tentang waktu, dan me na - nam kan rasa kebersamaan atau gotong royong,” tutur siswa yang kini duduk di kelas X MIPA 4 SMA Negeri 10 Kota Cimahi ini.

Saat kita sedang kemah atau melaksanakan kegiatan lainnya, baik di lingkungan sekolah maupun di luar sekolah, jelas Fadhila, kita dilatih untuk menanam kan kejujuran, kesabaran, dan saling membantu sesama anggota. “Contoh kecil keteka kita sedang men dirikan tenda, maka di situ kita dituntut untuk melakukan kerja sama sesama anggota,” ulas pria juara favorit “Pesona Kreativitas Siswa 2017” ini. Selain mengasyikan, kata Fadhilah, pramuka juga membuka wawasan kita, dan kita memahami betapa pentingnya mencintai alam.

“Pramuka tidak merusak alam saat berkemah, tetapi berusaha un tuk menjaga dan me les tari kannya. Ya, intinya kita cinta alam,” tuturnya. Dijelaskan Fadhilah, pramuka itu menarik dan mengasyikan. Dari kegiatan pra muka jadi banyak teman, dan bisa berbaur dengan sesama siswa lainnya ketika ada kegiatan perkemahan. “Kita jadi banyak teman,” pungkas Fadhilah. (eryandi/”SJ”)**