Senin, 16 Juli 2018 | 21:20 WIB

Lewat Operasi Gempur, Bea Cukai Berhasil Gagalkan Pengangkutan Rokok Ilegal

foto

Administrator

Kepala Kantor Bea Cukai Bandar Lampung, Muhammad Hilal Nur Sholihin

Bandar  Lampung - Melalui  “Operasi Gempur” Bea Cukai Bandar Lampung berhasil melakukan penindakan terhadap sarana pengangkut yang berasal dari daerah Jawa Tengah yang sebelumnya diduga mengangkut rokok ilegal pada Rabu (04/04). Dalam penindakan kali ini Bea Cukai berhasil menemukan 101 karton rokok yang terdiri dari 76 karton ilegal yang terbukti menggunakan pita cukai palsu dari berbagai merk dan 25 karton rokok legal merk Djambu Bol.

Kepala Kantor Bea Cukai Bandar Lampung, Muhammad Hilal Nur Sholihin, menjelaskan kronologi penindakan terhadap rokok ilegal tersebut. “Dalam penindakan kali ini Tim Bea Cukai Bandar Lampung berdasarkan informasi dari masyarakat berhasil menggagalkan pengangkutaan rokok ilegal yang akan dikirim  ke berbagai tujuan seperti Lubuk Linggau, Baturaja serta wilayah Lampung, dengan modus menggunakan bus yang telah dimodifikasi dengan mencopot bangku belakang sehingga dapat menampung banyak muatan serta membungkus rokok dua kali dengan plastik agar penumpang tidak tahu,” ungkapnya.

Nilai total barang yang ditegah kurang lebih Rp1,2 milyar dengan potensi kerugian negara mencapai Rp506.361.600. Sedangkan untuk 25 karton rokok dengan pita cukai yang benar dikembalikan ke sarana pengangkut tersebut.

Bea Cukai Bandar Lampung berharap dapat terus bersinergi dengan masyarakat untuk bersama-sama mencegah dan memberantas peredaran rokok ilegal khususnya di daerah Lampung. Karena seperti yang diketahui peredaran rokok ilegal sangat merugikan. Bea Cukai pun terus berupaya maksimal untuk memberantas peredaran rokok ilegal.

http://www.beacukai.go.id/berita/lewat-operasi-gempur-bea-cukai-berhasil-gagalkan-pengangkutan-rokok-ilegal.html