Minggu, 15 Sepember 2019 | 22:08 WIB

Hasil Sarasehan Dijadikan Pedoman Citarum Harum Juara

foto

Administrator

dokument

BANDUNG-Expo Citarum 2019 berlangsung di Gedung Sabilulungan Soreang Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/2). Hadir dalam acara tersebut Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut B. Panjaitan, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Bupati Bandung Dadang Naser dan sejumlah pejabat lain.

Dedi Kusnadi Ketua Harian Satgas Citarum Harum Juara mengatakan, expo dilakukan di antaranya untuk mengerjakan hasil kajian dari sarasehan stakeholder yang ambil bagian dalam program Citarum harum. Hasil sarasehan itu akan menjadi pedoman bersama untuk langkah mewujudkan Citarum Harum Juara ini.

"Hasil sarasehan ini kami serahkan ke Dansatgas Citarum Bapak Gubernur. Isinya tentang beberapa langkah yang sudah dan akan dilakukan , seperti membentuk tim, membuat target, melakukan pemantauan kualitas air hingga penegakan hukumnya," kata mantan Pangdam Siliwangi itu.

Dokumen yang akan menjadi rencana aksi Citarum Harum Juara ini akan menjadi pedoman bersama dan mulai dicanangkan sejak dilaksanakannya Expo Citarum, hari ini.

Ia mengatakan masih memungkinkan adanya masukan dari masyarakat atau pihak lain untuk menguatkan program yang akan dikerjakan bersama.

Sementara Bupati Bandung Dadang Naser dalam pidatonya mengatakan sejumlah kegiatan akan dilakukan untuk mengendalikan banjir dari Citarum, seperti membuat terowongan di Curug Jompong.

"Kami terus mengajak masyarakat untuk menjaga Citarum, tidak membuang sampah sembarangan lagi," ujarnya sambil menyanyikan ajakan untuk menjaga Citarum melalui sebuah lagu, yang diikuti peserta yang hadir dalam acara tersebut. Jo