Jumat, 21 Sepember 2018 | 21:44 WIB

MENSOS IDRUS MARHAM MUNDUR DARI KABINET, PENGGANTINYA DISEBUT AGUS GUMIWANG

foto

Administrator

Menteri Sosial Idrus Marham (ist)

Menteri Sosial Idrus Marham menyatakan mundur dari Kabinet Kerja. Hal ini disampaikan Idrus di Kompleks Istana Kepresidenan, Jumat (24/8).

“Saya sudah sampaikan ke Bapak Presiden soal pengunduran diri. Pertama sebagai tanggung jawab moral, saya mengajukan mundur diri sebagai Mensos,” kata Idrus Marham.

Surat pengunduran diri disampaikan Idrus kepada Jokowi. Ia pun mengatakan sudah menyampaikan ke Ketum Golkar soal pengunduran dirinya.

Isu Idrus mundur dari Kabinet Kerja sudah santer beredar. Sejumlah sumber menyebut mundurnya Idrus terkait dengan kasus dugaan korupsi yang melibatkannya, yaitu kasus dugaan korupsi PLTU-Riau 1.

Sementara itu, Presiden Jokowi sudah menyepakati nama pengganti Menteri Sosial Idrus Marham. Penggantinya adalah Agus Gumiwang Kartasasmita.

“Ya confirmed, barusan saya telepon ketum,” kata politikus Golkar Bambang Soesatyo yang juga Ketua DPR saat dikonfirmasi wartawan, Jumat (24/8/2018).

Agus Gumiwang adalah salah satu ketua korbid di Golkar. Putra Ginandjar Kartasasmita ini pernah dipecat Golkar karena mendukung Jokowi di Pilpres 2014, sementara partainya saat itu mengusung Prabowo.

Agus Gumiwang merupakan anak dari Ginandjar Kartasasmita. Agus Gumiwang merupakan anggota DPR dari periode periode 2004-2009, 2009-2014, dan 2014-2019. Agus Gumiwang saat ini juga menjabat sebagai bendahara umum Tim Kampanye Nasional Jokowi-Ma’ruf Amin