Senin, 16 Juli 2018 | 21:27 WIB

Dr. H. Dodin Rusmin Nuryadin Membentengi Siswa dari Pengaruh Pergaulan Bebas

foto

Pendidikan karakter melalui khatam menulis Al-quran yang dilaksanakan di SMK Negeri 12 Kota Bandung bisa menjadi penangkal bagi siswa untuk membentengi dirinya dari pengaruh pergaulan bebas, pornografi, narkoba dan faham radikalisme. Saya sangat mengapresiasi terhadap kegiatan ini, dan khatam menulis Al-quran ini bisa diterapkan pada sekolah-sekolah lainnya.

Ini sangat positif bagi siswa, karena dari kegiatan ini akan timbul rasa nasionalisme, dan wawasan kebangsaan yang kuat, sehingga sehebat apa pun siswa itu itu jiwa akan tetap Indonesia,í tutur Dodin. Nilai positif lainnya yang bisa dipetik dari acara ini, menurut Dodin, siswa pun akan menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi, serta siswa akan dibekali dengan keterampilan dan kemandirian. Menurut Dodin, dengan bekal keahliannya siswa tidak hanya bisa bersaing dengan kawannya sendiri, tetapi harus bisa bersaing secara global.

Apalagi dengan diberlakukannya MEA, maka anak-anak harus memiliki daya jual dan daya saing, katanya. Dijelaskan Dodin, kegiatan khatam menulis Al-quran ini sebenarnya sudah dilaksanakan hampir di setiap sekolah, tetapi mungkin yang berbeda hanya caranya saja. Sebelum masuk ke kegiatan belajar mengajar di setiap sekolah ada pembiasaan, seperti membaca satu ayat Al-quran, ada yang membaca Asmaul Husna, dan lain sebagainya. Ini adalah salah satu cara dalam penguatan pendidikan karakter, pungkas Dodin. (eryandi/SJ)**