Senin, 10 Desember 2018 | 03:53 WIB

JIKA TERPILIH, CAGUB RIDWAN KAMIL AKAN BUAT WHATSSAPP GRUP

foto

Administrator

Cagub dan Cawagub nomor 1 Jabar (Foto: Instagram @ridwankamil)

SOREANGONLINE-Jika terpilih, Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana membuat grup menggunakan aplikasi obrolan telepon pintar (Whatsapp).

Rencana itu dibuat untuk memangkas birokrasi yang dianggap menghambat komunikasi antara gubernur dengan wali kota dan bupati di Jawa Barat.

“Kalau RINDU (nama pasangan calon Ridwan dan Uu) terpilih kami akan membuat WA (Whatsapp) grup, agar bisa saling menyapa,” kata Ridwan dalam debat kandidat calon Gubernur Jawa Barat di Gedung Sabuga, Bandung, Senin 12 Maret 2018.

Selain ingin meningkatkan komunikasi antara para kepala daerah di Jawa Barat lewat aplikasi obrolan, Ridwan juga ingin memberikan insentif kepada bupati atau wali kota yang bisa diajak berkomunikasi dengan baik. Sebaliknya, dia mengatakan ada hukuman untuk para kepala daerah yang tidak bisa diajak berkoordinasi.

“Kalau nurut ditambah anggaranya, kalau tidak ya dipotong,” sebut Ridwan.

Meski demikian, Ridwan mengklaim, semasa dirinya memimpin Kota Bandung masalah birokrasi sudah dia pangkas hingga 70 persen. Hubungannya dengan Gubernur Jawa Barat juga terjalin dengan baik karena sering bertemu.

Hanya saja, Ridwan merasa pertemuan non formal antara gubernur dan kepala daerah di bawahnya yang perlu ditingkatkan. “Tidak harus formal, tapi harus ada ikatan emosional dan psikologis,” jelasnya. (kum/wir)