Senin, 10 Desember 2018 | 03:54 WIB

HASIL SEWA GEDUNG MILIK PEMKAB BANDUNG DIPAKE UANG LELAH PETUGAS KEBERSIHAN

foto

Administrator

Pemerintah Kabupaten Bandung kehilangan potensi pendapatan atas retribusi

SOREANGONLINE-Pemerintah Kabupaten Bandung kehilangan potensi pendapatan atas retribusi pemakaian kekayaan daerah seperti lapangan Upakarti, Gedung Sartika dan Gedung Mochammad Toha.

Selama ini, berdasarkan temuan BPK Jabar 2016, penggunaan gedung dan lapangan Upakarti tidak dikenakan tarif sesuai perda.

Namun salah satu pihak penyewa membayarkan sejumlah uang sebesar Rp 4,5 juta kepada pelaksana pengelola gedung dan uang itu digunakan untuk uang lelah dan lembur petugas kebersihan gedung.

Atas penerimaan uang tersebut tidak dilakukan pencatatan secara tertib sehingga tidak dapat diketahui pasti mengenai nilai yang diterima pada tahun 2016.

Hasil pemeriksaan BPK menunjukkan bahwa pengelolaan Gedung Dewi Sartika oleh PKK Kab. Bandung tidak disertai dengan surat perjanjian antara PKK dengan Sekretariat Daerah.

Selain itu, penggunaan Gedung Dewi Sartika oleh SKPD maupun pihak eksternal tidak dilaporkan kepada Sekretariat Daerah selaku pengelola aset.

Berdasarkan data selama tahun 2016 minimal sebanyak 21 kali pemakaian lapangan dan gedung  oleh pihak eksternal, yaitu Gedung Mochammad Toha 13 kali dengan nilai Rp 11,7 juta (perhitungan potensi retribusi pemakaian gedung.

Kemudian 4 kali pemakaian Lapangan Upakarti senilai Rp 7,6 juta dan pemakaian Gedung Sartika sebanyak 4 kali Rp 3,2 juta.

Perhitungan potensi tersebut belum termasuk penyewaan generator, sound system, meja kursi dan proyektor dengan tarif Rp 495.000 sebagaimana diatur dalam Perda Pemkab Bandung Nomor 12 Tahun 2012.

Sementara itu, Bagian Umum belum dapat melaksanakan penarikan sewa gedung dengan alasan karena belum ditetapkannya besaran PAD dari retribusi sewa gedung yang selama ini dipungut oleh pengelola gedung.

Oleh karenanya BPK melalui Bupati memerintahkan Sekretaris Daerah menyusun Standard Operasional Procedure (SOP) terkait penggunaan aset daerah oleh pihak internal maupun eksternal. (bung wir)

http://www.soreangonline.com/2018/03/hasil-sewa-gedung-milik-pemkab-bandung-dipake-uang-lelah-petugas-kebersihan/