Senin, 10 Desember 2018 | 03:55 WIB

KPK Minta RS Borromeus Tak Halangi Penangkapan Bupati Bandung Barat

foto

Administrator

Bupati Kabupaten Bandung Barat Abu Bakar (Foto: ANTARA FOTO/Raisan Al Farisi)

KPK melakukan operasi tangkap tangan (OTT) di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Enam orang diamankan dalam penangkapan tersebut, terdiri dari PNS, seorang kepala dinas dan pihak swasta.

Juru Bicara KPK Febri Diansyah mengungkap sebenarnya ada total tujuh orang yang di-OTT. Namun penangkapan satu orang lagi, yakni Bupati Bandung Barat Abu Bakar, masih belum bisa dilakukan sebab saat akan ditangkap Abu Bakar berasalan sakit.

Siang ini, KPK menyebut timnya akan melakukan penindakan kepada Abu Bakar, yang saat ini sedang menjalani kemoterapi di RS Borromeus, Bandung.

"Siang ini tim KPK dan Polri sedang berada di RS Borromeus Bandung untuk menunggu proses pengobatan kemoterapi Bupati Bandung Barat yang sedang dilakukan," ucap Febri, Rabu (11/4).

Febri berharap tim dokter yang menangani kemoterapi tersebut tak menghalangi kerja KPK. "Kami harap tim dokter dapat menjalankan tugas secara profesional dan tidak ada pihak-pihak lain juga yang menghalangi pelaksanaan tugas KPK," tegasnya.

KPK seharusnya langsung mengangkut Bupati Bandung Barat dalam rangkaian OTT semalam. Namun, karena alasan kemanusiaan dan yang bersangkutan sedang sakit, sehingga penangkapan tidak dilakukan. Namun ternyata, Abu Bakar malah menggelar konferensi pers dan membantah akan ditangkap KPK.

"Atas dasar kemanusiaan, tim mempertimbangkan untuk tidak membawa Bupati Bandung Barat malam tadi ke Jakarta, dan meminta bupati membuat surat pernyataan, serta tim melakukan pemeriksaan awal terhadap bupati di rumah yang bersangkutan," imbuhnya.

Adapun enam orang yang ditangkap malam tadi telah dibawa ke Jakarta dan kini masih diperiksa. Diduga mereka melakukan praktik suap. KPK juga menyita barang bukti berupa uang suap senilai ratusan juta rupiah.

Abu Bakar sebelumnya telah melakukan jumpa pers terkait penangkaan dirinya malam tadi. Dia mengaku memang ada petugas KPK yang datang dan melakukan klarifikasi ke kantornya, namun tak menangkap dirinya.

https://today.line.me/id/pc/article/KPK%20Minta%20RS%20Borromeus%20Tak%20Halangi%20Penangkapan%20Bupati%20Bandung%20Barat-KPK+Minta+RS+Borromeus+Tak+Halangi+Penangkapan+Bupati+Bandung+Barat-kWQJrJ