Senin, 22 Juli 2019 | 15:32 WIB

TERKAIT PENANGGANAN BANJIR, KINERJA CAMAT DAN PUPR KAB. BANDUNG DIPERTANYAKAN

foto

Administrator

dokument

Ketua Nasional Demokrat (Nasdem) Kabupaten Bandung H. Agus Yasmin mempertanyakan kinerja Bappeda, Camat dan PUPR terkait penanganan banjir.

“Apakah pernah dibahas rencana lima tahunan ke depan secara terbuka di kecamatan? di desa? Terutama dalam hal penanggulangan banjir dan pengendalian sumberdaya air di Kabupaten Bandung yang semuanya muncul dalam angka-angka,” ungkap AY panggilan akrabnya kepada visi.news, Senin (11/3).

Bupati Bandung, kata AY, sudah menetapkan siaga banjir, kemudian langkah kita harus mendukung dan mencoba berperan meskipun kecil dibandingkan dengan lembaga pemerintahan yang didukung SDM dengan anggaran super.

“Apa ya langkahnya kita ? ngadoa, sedangkan runtah yang di timbun di rumah masing-masing harus dibuang ke mana ? supaya tidak terbawa air karena bisa menyebabkan selokan jadi mampet,” ungkapnya.

Meski demikian, ia menyambut baik dengan upaya yang dilakukan pemerintah di Curug Jompong. Ia berharap upaya ini bisa menjadi salah satu upaya tehnis bagaimana air bisa mengalir lebih cepat ke Saguling, namun  persoalannya tidak akan tuntas sampai disana
.
“Pertama, berapa umur Waduk Saguling bisa bertahan dengan aliran lumpur yang terbawa air Sungai Citarum?. Kemudian, berapa kubik setiap hujan lumpur yang masuk Citarum.

Selanjutnya, berapa ribu kubik lumpur yang bisa bertahan pada lereng pegunungan untuk tidak terbawa erosi. Pertanyaan lain,  adakah penataan anak Sungai Citarum secara menyeluruh.

“Berapa banyak sampah rumah tangga yang bisa ditangani Dinas Kebersihan setiap hari sehingga sampah tidak masuk Citarum ?. Lantas, sejauhmana penyuluhan yang terintegrasi untuk penghijuan dari lereng dan bantaran Citarum,” tutur dia. (asa/bung wir)